News 20 Maret 2019 : - Visitasi Akreditasi LAMPTKes -
 

Kegiatan Residensi Magister Promosi Kesehatan Konsentrasi Promosi Kesehatan Tahun 2017

Kamis, 07 Desember 2017    Kategori : Akademik

Pendidikan Pascasarjana Program Magister Promosi Kesehatan bertujuan agar lulusannya dapat memiliki kemampuan akademik dan professional untuk menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kesehatan masyarakat pada umumnya dan bidang promosi kesehatan pada khususnya, serta mempunyai wawasan pembangunan kesehatan yang luas. Selain itu calon magister juga diarahkan untuk dapat mengembangkan kemampuan riset menuju jenjang pendidikan yang lebih tinggi yaitu program doktor.

Kegiatan residensi merupakan suatu rangkaian aktivitas pendidikan tahap akhir yang sangat penting dan harus dilaksanakan oleh para calon magister selama pendidikan. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 bulan sejak September s/d Desember 2017. Kegiatan residensi diikuti oleh 30 mahasiswa Magister Promosi Kesehatan yang terbagi menjadi 3 kelompok dengan lokasi yang berbeda. 

Adapun lokasi residensi untuk periode tahun 2017 ini  adalah Kecamatan Karangawen dan Kecamatan Mranggen (melanjutkan kegiatan residensi sebelumnya, agar terjaga kontinuitas program) di Wilayah Kota Demak, meliputi desa Jragung Kecamatan Karangawen dan desa Kangkung Kecamatan Mranggen, serta LSM Gapoero. Kemudian pada institusi kesehatan Dinas Kesehatan Kota Demak, Puskesmas Mranggen 1 dan Puskesmas Karangawen.

Hasil dari kegiatan ini berupa aksi seperti pengelolaan sampah anorganik dengan pembuatan bank sampah dan pelatihan kepada kader mengenai pengenalan tentang HIV/AIDS, Penanganan terhadap penderita HIV/AIDS, Pemutaran video tentang penderita HIV/AIDS, dan praktek Pemulasaraan Jenazah. 

 

 Ditulis oleh: Priyadi Nugraha